.

 

MPN G-2 GENERASI BARU SISTEM PENERIMAAN NEGARA

Sejak sistem pembayaran penerimaan negara melalui Modul Penerimaan Negara (MPN) G-1 di launching ke publik oleh Kementerian Keuangan tahun 2007, dalam pelaksanaannya masih mengalami beberapa kendala teknis maupun non teknis. Beberapa kendala teknis antara lain timbulnya resiko terjadinya reversal, dimana bank/pos persepsi bisa menarik transaksi yang sudah dicatat kapan saja selama belum mencapai batas waktu penerimaan setoran yang harus dilimpahkan pada hari berkenaan, resiko kesalahan pengisian surat setoran oleh wajib pajak/ wajib bayar yang mengakibatkan koreksi atas setoran penerimaan, resiko kesalahan input data oleh teller bank/pos persepsi mitra kerja yang mengakibatkan koreksi maupun pengembalian setoran. Sedangkan kendala non teknis antara lain, terlambatnya pengiriman berkas Laporan Harian Penerimaan (LHP)  oleh bank/ pos persepsi mitra kerja akibat bertumpuknya berkas bukti setoran sehingga memperlambat penyelesaian Laporan Keuangan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Dari hasil penelitian, kendala yang terjadi secara berulang-ulang tersebut diasumsikan sebagai kelemahan dari sistem pembayaran melalui MPN G-1 dikarenakan tingginya intervensi manusia pada hampir semua lini di dalam proses penerimaan negara (human error). Untuk meminimalisir kelemahan tersebut digagaslah sebuah metode baru pembayaran dengan sistem MPN yang berbasis IT Web Base dengan nama MPN G-2.  MPN G-2 jauh lebih bisa diandalkan dari pada MPN G-1 karena tidak ada reversal. Entry data setoran dilakukan sendiri oleh wajib setor dalam sistem yang sudah tercantum semua kode referensi, sehingga kemungkinan salah  dapat dihindari. Teller bank tidak perlu lagi meng-entry data setoran penerimaan Negara secara detail, cukup entry kode billing saja. Dari sisi pelaporan, wajib bayar dan bank persepsi mendapat kemudahan karena tidak perlu menyampaikan laporan dalam bentuk hardcopy. Keberadaan MPN G-2 akan meningkatkan akurasi data Penerimaan Negara.

Mari kita songsong bersama generasi baru penyetoran penerimaan negara, dengan ucapan “Selamat datang MPN G-2”.  mhu_bank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *