.

 

Setahun OM SPAN Mengiringi Implementasi SPAN

Piloting SPAN merupakan tahap awal implementasi SPAN dan dimulai  pada tanggal 3 Pebruari 2014 di KPPN Mojokerto. Piloting SPAN dilaksanakan sebelum sistem aplikasi keuangan tingkat instansi (SAKTI) yang terintegrasi pada Kementerian/Lembaga/Satker diterapkan.Terhitung tanggal tersebut proses yang terkait dengan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara menggunakan bisnis proses SPAN. SPAN merupakan bentuk dari reformasi, modernisasi dan otomatisasi  sistem pengganggaran dan perbendaharaan negara dengan  sistem aplikasi yang menggunakan database tunggal dan dilakukan secara elektronik, sehingga informasi elektronik, dokumen elektronik, dan/atau hasil cetak dari Aplikasi SPAN merupakan alat bukti hukum yang sah. Bisnis Proses SPAN sehubungan dengan pelaksanaan APBN meliputi : modul pengganggaran, modul komitmen, modul pembayaran, modul penerimaan, modul kas dan modul akuntansi dan pelaporan.

Untuk memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, terinci dan terintegrasi tentang implementasi SPAN, Ditjen Perbendaharaan meluncurkan Aplikasi Online Monitoring SPAN (OM-SPAN). OM-SPAN merupakan aplikasi pendukung implementasi SPAN yang digunakan dalam rangka monitoring dan penyampaian informasi transaksi SPAN kepada pengguna, aplikasi ini dapat diakses dengan jaringan yang berbasis website ke alamat http://spanint.kemenkeu.go.id atau http://spanint.perbendaharaan.go.id. OM-SPAN juga menggunakan database SPAN dan informasi yang disediakan tidak realtime dengan Aplikasi SPAN. Pengguna OM-SPAN adalah Kantor Pusat/Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan, KPPN, Satuan Kerja dan Pihak Lainnya yang mempunyai kepentingan dalam implementasi SPAN. OM-SPAN hanya dapat diakses oleh penerima hak akses (user licence) yang memiliki User ID dan Password sesuai kewenangannya. Untuk  mengakses OM-SPAN Satker mengajukan permintaan username dan password kepada kepala KPPN setempat  sesuai dengan format Lampiran I Perdirjen Perbendaharaan No. Per-41/PB/2014 tentang Peggunaan Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara.

Layanan Monitoring dan Informasi OM-SPAN yang dapat diakses oleh Satuan Kerja dan Pihak Lainnya meliputi : modul penggaran, modul komitmen, modul pembayaran dan informasi lainnya yang terkait dengan implementasi SPAN.

Untuk Modul Pengganggaran layanan yang dapat diakses oleh Satker meliputi monitoring dan  informasi tentang  : Informasi Revisi DIPA, Proses Revisi DIPA, Sisa Pagu Belanja, Realisasi dan Pencadangan, Data Pagu Minus, Realisasi Belanja per Satuan Kerja, Realisasi Belanja per Bagian Anggaran dan Realisasi Belanja Transfer Daerah.

Pada Modul Komitmen layanan yang dapat diakses oleh Satker yaitu tentang : Informasi Cek Supplier sehubungan dengan data supplier. Supplier adalah Pihak yang berhak menerima pembayaran atas beban APBN.

Layanan pada Modul Pembayaran memberikan informasi tentang posisi tagihan/invoice, Hold tagihan/invoice, Penolakan tagihan, Durasi penyelesaian SP2D, Daftar SP2D per Satker, Rekapitulasi Penerbitan SP2D dan Kartu Pengawasan Maksimum Pembayaran (PNBP).

Sedangkan Informasi Lainnya menyajikan layanan informasi tentang  SPM dalam Proses, SP2D terbit hari ini,  Data SPM dan SP2D.

Modernisasi dan otomatisasi proses bisnis dalam implementasi SPAN ditujukan untuk mewujudkan proses penggangaran dan pelaksanaan anggaran yang tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggungjawab. Bahwa proses validasi dan persetujuan data SPAN dilaksanakan secara elektronik, menuntut pengajuan data  terkait pengelolaan APBN oleh Satuan Kerja dilaksanakan dengan teliti dan akurat. Aplikasi OMSPAN hadir untuk membantu dan memberikan manfaat kepada Satuan Kerja memperoleh layanan monitoring dan informasi data yang cepat, akurat terinci dan terintegrasi mengenai implementasi SPAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *