.

 

Sosialisasi Jaminan Kesehatan BPJS Untuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (Sinergi Antara KPPN Mojokerto dengan BPJS Mojokerto)

Pendopo Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan yang biasanya lengang terasa lebih ramai dan meriah. Bagaimana tidak, Selasa pagi 28 April 2015,  tak kurang dari 150 orang Pegawai Honorer BPCB berkumpul bersama untuk menerima Sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 111 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan. Kegiatan ini diadakan untuk memberikan informasi yang utuh kepada Pegawai Honorer tentang hak dan kewajiban mereka terkait dengan Jaminan Kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Narasumber yang menyampaikan sosialisasi adalah Wakhidah Zuhriyah dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mojokerto dan Putri Ayuningtyas Savitri beserta Titan Wahyudi dari BPJS Mojokerto.

Acara yang penuh kekeluargaan ini dibuka oleh Kasubbag Tata Usaha BPCB Trowulan, Bapak Danang Wahyu Utomo, SS.  Dalam sambutannya beliau menghimbau agar para Pegawai Honorer BPCB Trowulan jangan segan untuk bertanya kepada Narasumber agar memahami maksud dari jaminan kesehatan BPJS untuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).  Sesudah pembukaan acara dilanjutkan dengan sosialisasi Perpres No. 111 Tahun 2013 dari KPPN Mojokerto. Para peserta sosialisasi memperoleh penjelasan tentang yang dimaksud dengan PPNPN terkait hak dan kewajibannya untuk memperoleh jaminan kesehatan dari pemerintah. Salah satu poin yang menjadi penekanan Narasumber dari KPPN Mojokerto dalam sosialisasi adalah bahwa Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah sebagai Pemberi Kerja dalam kategori Penyelenggara Negara memberikan bantuan iuran jaminan kesehatan kepada PPNPN sebesar 3% dari total 5% iuran jaminan kesehatan BPJS, sedangkan untuk peserta BPJS yang berasal dari PPNPN dikenakan 2% dari gaji/ upah dengan perhitungan maksimal gaji/ upah 2 kali penghasilan tidak kena pajak dengan status kawin dengan 1 (satu) anak.  Setoran iuran BPJS 2% dapat disetorkan Satuan Kerja melalui Bank Persepsi ataupun dipotongkan langsung di Surat Perintah Membayar yang diajukan kepada KPPN dengan kode Bagian Anggaran 999 Eselon 99 kode Satker 440780 dengan akun 811141. Sedangkan Narasumber dari BPJS menjelaskan secara teknis masalah tata cara Pendaftaran BPJS sampai dengan penyelesaian biaya perawatan peserta BPJS.

Akhirnya tanpa terasa tepat pukul 12.00 WIB pembawa acara mengakhiri acara sosialisasi Perpres Nomor 111 Tahun 2013 ini. Semangat dan antusiasme peserta sosialisasi dari BPCB Trowulan  sungguh memberikan kesan tersendiri bagi Narasumber dan semoga senantiasa bermanfaat bagi seluruh peserta. (ida_bank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *